PBI kembali melahirkan pasangan mahasiswa/i berprestasi yang terpilih sebagai Duta GenRe NTB 2021. Pasangan ini adalah M. Farabi Akma (Prodi PBI, semester 3) dan Tita Putri Ningris (Prodi PBI, semester 5). Pemilihan Duta GenRe NTB 2021 yang diprakarsai oleh BKKBN ini menyeleksi seluruh peserta yang berasal dari 10 Kabupaten/kota di NTB. Dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan secara daring dan luring mulai dari proses pendaftaran yang dilaksanakan dari tanggal 15 Maret-23 April 2021 dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada tanggal 25 April 2021, kemudian pengadaan audisi pulau Lombok 24-31 Mei 2021 dan audisi pulau Sumbawa 2-9 Juni 2021. Khusus untuk Lombok, audisi ini diadakan di Kantor Bupati Selong, Lombok Timur.

Dalam kurun waktu seminggu, pengumuman 20 besar 11 Juni 2021 diumumkan melalui media sosial. “Proses setelah audisi daerah sangat panjang. Peserta yang lolos diberikan tugas dan tantangan yang diberikan dalam jangka waktu 5 hari pengerjaan dan dikumpulkan setiap hari melalui media sosial masing-masing peserta.  Kegiatan tersebut disebut 6 days challenge yang dimulai dari tanggal 14-19 Juni 2021. Kegiatan selanjutnya yaitu Karantina 24-27 Juni 2021, dimana karantina ini berlangsung selama 4 hari di hotel Golden Palace Lombok,” terang Tita, selaku finalis 5 besar Duta GenRe putri. Ia menerangkan bahwa selama karantina para finalis dibekali beberapa materi dan pelatihan. Seperti  materi tentang genre, public speaking, bahasa asing, kesehatan reproduksi, pengetahuan umum, pelatihan karakter disiplin dan mandiri, serta memberi pertunjukan dari masing-masing kabupaten.

Sampai akhirnya di acara puncak pada tanggal 26 Juni 2021. Pada saat itu dihadiri oleh seluruh instansi kota yang terkait di NTB. Sebelum proses penganugrahan seluruh peserta di uji kembali pengetahuan dan kemampuannya Serta penguasaan program yang akan dijalankan. “Saat itu saya membawa program yang bernama GenRe Menyapa dimana program tersebut memiliki 2 sub program yaitu GenRe goes to Countryside dan poGencer (Pojok GenRe Bercerita).”

Lepas sebagai finalis, langkah dua mahasiswa/i PBI ini tidak berhenti disana saja. Mereka kerap menjalankan program dan menyebar luaskan virus genre kepada remaja-remaja di NTB khususnya Lombok Timur baik terjun langsung ke lokasi ataupun melalui media sosial, seperti pengadaan podcast mengenai stunting. Hingga kini, Tita Putri juga dinobatkan menjadi Duta Edukasi Stunting.

12 Responses

  1. Be the young generation who excel, become intellectuals, reach for a glorious future to make your family, region and nation proud. by spreading kindness
    Hopefully teenagers always think positive.
    Congralatulation to the two PBI students success
    Always

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.