KURIKULUM & tUJUAN PROGRAM STUDI

pendidikan Bahasa Inggris

Universitas Hamzanwadi

KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah Kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang disusun berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengacu pada Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban bidang studi 148 sks yang terdiri dari 138 sks matakuliah wajib dan 10 sks matakuliah pilihan yang dapat diselesaikan sekurang-kurangnya 8 semester (4 tahun) dan sebanyak-banyaknya 14 semester (7 tahun). Guna meningkatkan kualitas dalam pembelajaran, upaya yang dilakukan antara lain dengan melakukan peninjauan kurikulum secara berkala satu kali dalam dua tahun untuk skala besar dan setiap semester untuk skala kecil. Pengembangan kurikulum menekankan pada kompetensi utama, pendukung, dan kompetensi lainnya. Sedangkan Mekanisme evaluasi penilaian belajar mahasiswa, ditentukan melalui beberapa komponen, yaitu Kehadiran (15 %) Partisipasi (15%), Tugas (20%), ujian tengah semester (25%), dan ujian akhir semester (25%). Kemajuan belajar mahasiswa dinyatakan berdasarkan penilaian dengan huruf A,B,C,D, dan E yang masing-masing setara dengan nilai 4,3,2,1,0.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah menghasilkan lulusan yang memiliki:
1. Pengetahuan dasar tentang bahan ajar secara komprehensif dan memiliki kemampuan serta keterampilan merencanakan, melaksanakan, mengelola maupun mengevaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Inggris.
2. Pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan pendidikan bahasa Inggris melalui kegiatan penelitian.
3. Pengetahuan dasar bahasa Inggris yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
4. Kemampuan menyebarluaskan pengetahuan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris kepada masyarakat.
5. Pemahaman konsep dasar keislaman, dan dapat melaksanakannya dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindak sehari-hari.